Trigeminal Neuralgia

Latar Belakang

Penyebab neuralgia trigeminal sering tidak diketahui, tetapi faktor-faktor seperti kerja berlebihan, demam, sinusitis, dan karies gigi sering menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penyebab neuralgia trigeminal ini. Namun, jika neuralgia trigeminal tidak pulih setelah operasi sinus atau gigi, maka saraf trigeminal itu sendirilah yang menjadi masalah. Kadang-kadang rasa sakit yang dianggap neuralgia trigeminal mungkin sebenarnya disebabkan oleh tumor otak. Oleh karena itu penting untuk memantau rasa sakit dengan perawatan berturut-turut. Jika sejumlah perawatan tidak menghasilkan perubahan pada rasa sakit, maka pasien harus dirujuk ke dokter medis untuk pemeriksaan yang sesuai.

Menurut teori medis modern, rasa sakit dapat ditemukan pada salah satu dari tiga cabang saraf trigeminal. Dalam pengobatan tradisional Oriental, kami berpikir dalam hal meridian. Dengan demikian, cabang pertama dari saraf trigeminal dihubungkan dengan meridian Taiyang dan meridian Yangming. Cabang kedua dikaitkan dengan meridian Yang ming dan meridian shaoyang, dan cabang ketiga dengan meridian Yang Ming. Nyeri dikatakan akan muncul ketika meridian Yang menerima panas atau dingin, yang mana pada akhirnya berasal dari defisiensi Qi Esensial pada salah satu dari kelima organ yin (lihat Pendahuluan). Setelah ditentukan polanya, maka dilakukan terapi akar dan meridian Yang lokal ditonifikasi dan diperhalus (shunted) secara tepat. Jika ini dilakukan dengan benar, masalah akan terpecahkan dengan sendirinya. Ada beberapa kasus yang mudah untuk disembuhkan dengan metode yang dijelaskan di atas, tetapi sayangnya, ada juga kasus dimana kondisinya tidak merespon dan mungkin malah menjadi lebih buruk, terutama jika dilakukan metode perawatannya salah!

Dua pola yang paling umum adalah :

1. Dengan pola defisiensi ginjal / defisiensi Yang / dingin, Yang Qi nya meridian Yang pada wajah berkurang. Hal ini menyebabkan rasa sakit, warna wajah yang buruk, dan terlihat kelelahan. Kemungkinan lain adalah bahwa warna kulit kemerahan sebagai akibat dari sisa sisa ‘Yang Qi’ yang terdorong ke permukaan oleh karena Yin Qi yang terus meningkat (dingin sejati, panas palsu). Denyut nadi tenggelam, tipis, dan lemah, tetapi jika ada rasa sakit yang hebat, nadinya akan terasa kasar dan kencang. Rasa sakit dari neuralgia trigeminal umumnya sering terasa konstan, sehingga pasien sering membutuhkan obat penghilang rasa sakit (pain killer). Karena konsumsi pain killer ini, akibatnya fungsi pencernaan mereka sering terpengaruh, yang akibatnya akan mengganggu produksi Yang Qi, dan dengan demikian akan memperburuk kondisi.

2. Dengan pola defisiensi paru / liver ekses / stasis darah, defisiensi panas dari ginjal masuk ke dalam Yang meridian nya wajah dan menyebabkan rasa sakit. Pada saat yang sama, karena stasi darah di Jiao bawah, bagian bawah tubuh menjadi dingin sementara bagian atas tubuh menjadi panas dan memerah. Hal ini menghasilkan wajahnya memerah atau setidaknya kulitnya yang bagus. Denyut nadi sedikit mengambang, besar, dan kuat.
Ketika ada rasa sakit, nadi akan terasa kencang atau tenggelam, tegang senar, dan ekses. Juga, nadi kiri atau kanan mungkin membanjir (flooding). Rasa sakit mungkin saja bisa konstan, tetapi biasanya itu terjadi dalam gelombang. Pada periode interim, sama sekali tidak ada masalah sama sekali, sehingga mereka dengan pola ini biasanya memiliki nafsu makan yang baik dan tidak ada perubahan signifikan pada feses dan urin mereka.

 

Penerapan terapi ada dihalaman ini.