Latihan Pernafasan

LATIHAN PERNAFASAN

LATIHAN MEDITASI – PERNAFASAN UNTUK KESEHATAN DAN PANJANG UMUR

Salam semuanya, pada saat ini saya ingin membahas mengenai salah satu metode meditasi latihan pernafasan dimana metode ini sangat berhubungan erat sekali dengan teori pengobatan Tradisional Chinese Medicine yang asalnya sudah jelas dari china dan dikembangkan oleh salah satu professor Li shao po yang baru saja beberapa tahun lalu pulang ke rumah Bapa dimana tutup usia pada umur 100 tahun lebih.

Banyak sekali yang beranggapan bahwa jika latihan meditasi itu sesat, bisa kerasukan, dan lain lain. Disini saya akan menjelaskan sedikit pandangan saya terhadap meditasi pernafasan dimana saya juga sudah melakukannya setiap hari.

Sebelum membahas meditasi, saya ingin menjelaskan sedikit mengenai Qi. Apa itu QI??
kita sering mendengarkan istilah Qi Gong (dibaca chi kung). Gong 功 sering juga dikenal dengan istilah Gong fu (dibaca kungfu), salah satu istilah yang diperkenalkan oleh Bruce Lee. Gong Fu ini jika diartikan adalah melakukan satu keahlian dengan latihan yang sangat lama. Istilah kerennya pengalaman. Jadi semakin tinggi dan lama latihannya maka kungfunya makin tinggi. Karena itu dikenal istilah kungfu chef, artinya kemampuan dan jam terbang koki tersebut uda sangat tinggi.

Sama dengan Qi Gong, yaitu melatih Qi dengan waktu yang sangat lama dan rutin.
Qi itu apa sih? Qi itu adalah energy. Jika kita ketik di google translate, maka hasil yang keluar paling umum adalah udara dan energi. Qi pada manusia bertugas untuk menjadi sumber tenaga, menggerakkan tubuh, menggerakkan darah dan juga bisa dikatakan source dari sumber hidup kita (Yuan Qi).

Pada normalnya cara kita mendapatkan tenaga untuk hidup, untuk bergerak yaitu dengan cara bernafas, makan dan minum air. Pada teori TCM (Traditional Chinese Medicine), Zhen Qi (真氣 – energy sejati) juga didapat melalui udara yang diproses oleh paru paru (pada gambar disimbolkan Lu) dan makanan dan minuman yang diproses oleh limpa dan lambung (pada gambar disimbolkan SP dan ST). Setelah itu akan di proses bersamaan menjadi energy sejati dimana pada saat diproses dibutuhkan energy bawaan sejak lahir yaitu yuan qi. Energy sejati inilah yang akan digunakan untuk aktifitas kita sehari hari.

Dari manakah sumber Yuan Qi?
yuan Qi pada mulanya didapat melalui orang tua kita yaitu sel sperma dan sel telur. Dimana ketika bersatu jadilah embrio dan lahirlah kita.

Kualitas Yuan Qi akan mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Jika Yuan Qi nya jelek, maka tubuhnya akan mempunyai stamina dan kesehatan yang jelek. Jika kualitas Yuan Qi nya bagus, maka kesehatan dan stamina orang itu juga akan bagus.
maka sangat tidak dianjurkan untuk bagi pria melakukan masturbasi ataupun sering melakukan berhubungan sex. Karena ketika kita mengeluarkan sel sperma, Yuan Qi kita juga akan ikut keluar dan mengakibatkan energy kita menjadi lemah. Makanya bagi yang sangat sering melakukan hubungan suami istri akan sering mengalami keluhan :

  • sakit lutut
  • telinga berdenging,
  • emosi yang tidak stabil
  • tulang yang lemah (sakit lutut, pinggang)
  • mudah capek, dll (keluhan yang berhubungan dengan kelemahan pada ginjal)

Kita sering mendengarkan kisah bahwa manusia dibentuk dari tanah, setelah dihembuskanlah nafas kehidupan oleh Tuhan dan jadilah manusia.

Jika kita melihat karakter tulisan Qi 氣
(lihat gambar disamping), maka tulisan Qi tersebut juga terdapat 2 karakter, Yaitu :

  • qi (气) = udara
  • mi (米)= beras

Dimana udara melambangkan heaven dan mi/beras melambangkan bumi (tanah).

Karena itu, sudah jelas sekali bahwa kita mendapatkan Qi / energy melalui udara dan makanan + minuman.

Karena itu, pada latihan meditasi pernafasan ini, kita lebih focus pada melatih pernafasan sehingga Qi/energy yang didapat bisa lebih maksimal lagi. Yaitu lebih fokuskan pernafasan untuk menembus jalur meridian Ren dan Du. Sehingga setelah kedua meridian ini bisa tersambung, maka setiap melakukan pernafasan, energy yang di dapat akan bisa di simpan pada dang tian.

Setelah meridian Ren dan Du bersambung, setiap latihan selama 1 jam, Qi/energy yang tersimpan akan impas untuk aktifitas kita selama sehari. Jika latihan 2 jam, maka 1 jam untuk aktifitas sehari hari, 1 jam lagi untuk di simpan menjadi zhen Qi ataupun meningkatkan kualitas Yuan Qi. Latihan 3 jam ke atas adalah untuk pengobatan. Catatan, hal ini adalah hasil riset oleh prof.Li shao po selama 60 tahun lebih.

Harus ditekankan bahwa latihan pernafasan ini tidak mengandung unsur agama manapun, tidak berhubungan dengan roh ataupun spirit, tidak melamun, tidak mengosongkan pikiran. Jadi aman dilakukan jika dilakukan sesuai dengan petunjuk.

Pada latihan pernafasan ini untuk pemula ada 5 tahap. Hal hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat melakukan latihan pernafasan sebelum menembus 5 tahap itu adalah sebagai berikut :

  • MAKAN:
    • waktu makan teratur
    • volume makan tetap
    • pantangan : bawang hidup,bawang putih mentah, daging   berwarna merah (kuda , anjing, sapi dll.).
  • TIDUR:
    • waktu tidur & bangun teratur.
  • AKTIFITAS:
    • jangan bekerja kelelahan
    • hubungan suami-istri puasa sementara
  • JANGAN LATIHAN SAAT:
    • kekenyangan, kelaparan, kemarahan, kecapekan
    • terkejut yang hebat (berbagai emosi gejolak tinggi).
  • SEWAKTU LATIHAN :
    • Kondisi pikiran selalu focus, bukan melamun atau menghayal ataupun mengharapkan sensasi
    • Tidak boleh mencampur adukkan metode latihan ini dengan metode pernafasan lainnya
    • Pada saat memasuki tahap tertentu, tidak boleh dibantu responnya menuju ke kepala supaya cepat nimbus level 5. Tetap focus di bawah pusar (4jari). Jangan focus ke titik lainnya.

REAKSI YANG MUNGKIN TIMBUL DALAM PROSES LATIHAN

  • rasa hangat, rasa pegal, rasa dingin, rasa nyeri,
  • rasa membesar, banyak kentut, rasa mengecil,
  • berak berak, rasa ringan, kembung, rasa berat,
  • muntah, rasa gatal, kesemutan, berkedutan,
  • tampak sinar, timbul pandangan (yg indah atau menyeramkan),
  • dan lain lain.

proses latihan terdiri dari 5 tahap. duduk yang tegak, rileks jangan tegang, jangan bersandar, kaki seperti digambar. Ujung lidah ditempelkan pada langit langit, mulut ditutup tanpa ditegangkan wajahnya dan mata dipejamkan. Kondisi wajib rileks.

Bernafas melalui hidung, bernafaslah dengan normal. Jangan dipaksakan atau ditarik secara berlebihan. Khusus Tarik nafas harus normal, jangan pikirkan apapun.

Latihan dan konsentrasi lebih di khususkan pada saat buang nafas.

  1. Saat menghembuskan nafas, konsentrasi dan fokuskan Qi dari saluran pernafasan ke daerah ulu hati (DAN TIAN TENGAH 中丹田).
  2. Setelah cukup kuat akan muncul sensasi, maka lanjut ke tahap ke dua yaitu arahkan ke area di bawah pusar (DAN TIAN BAWAH 下丹田).
  3. Selanjutnya selalu focus ke Dan Tian bawah. Jangan dipancing ke atas kepala apapun sensasinya yang dialami. Jika mengalami sensasi yang tidak menyenangkan bisa segera buka mata. Maka sensasi tersebut akan hilang.

Kalau ada bagian tubuh tertentu yang sakit, maka hal itu wajar dan teruskan saja. Karena Qi sedang berjalan dan mencoba menembus daerah tersebut. Karena daerah tersebut umumnya adalah lokasi tempat kita sering sakit ataupun ada keluhan.

Jika sudah sudah mencapai level 5 maka meridian ren dan Du mai akan tersambung dan lebih kita kenal dengan Tong Guan (通關 – di baca thong kuan). Sesuai riset, jika rutin dilakukan setiap hari 1-2 jam,total 60 jam, maka bisa dipastikan bisa Tong Guan ( 通關 ).

Hasil latihan dan investasi kita selama latihan minimal 1-3 jam setiap hari :

  1. Wajah lebih segar
  2. Lebih mudah konsentrasi
  3. Postur tubuh akan lebih baik
  4. Emosi lebih stabil, tidak mudah marah
  5. Kekebalan tubuh lebih kuat
  6. Memperlambat proses penuaan
  7. Gairah hidup lebih tinggi
  8. Semakin lama kita latihan (diatas 3 s/d 8 jam), maka penyakit kronis juga otomatis secara pelahan akan membaik
  9. Kualitas tidur akan menjadi lebih baik.
  10. Dan lain lain

Penjelasan mengenai proses memperlambat penuaan :

Jadi terlihat bahwa energy Yang paling puncaknya itu berada pada usia 16 -23 tahun. Start umur 24 tahun, energy yang berkurang 1 garis setiap kelipatan 8 tahun. Sehinggamakin sedikit garis yang nya berkurang, semua efek dari pola hidup yang salah, efek penuaan akan terlihat. Khususnya pada umur 64 tahun. Energy yang akan habis. Disini sangat rentan.
dengan berlatih pernafasan, yang seharusnya energy yang habis pada usia 64 tahun akan diperlambat hingga 90 tahun dengan catatan setiap hari berlatih focus nafas ke Dan Tian bawah (下丹田) 1-3 jam.
(penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan secara terperinci pada hari ke 11 di kelas khusus oleh pengajar yang sudah resmi dan berpengalaman di bidangnya)

Bagaimana jika kita sedang sibuk? Bisakah kita latihan ketika sedang diluar waktu santai?

Poses latihan tetap bisa dilakukan sebagai komplementer (untuk memutarkan distribusi Qi, bukan untuk menyimpan Qi). Caranya duduk dengan tenang, lidah dinaikkan ke langit langit,lalu focus ke dan tian bawah (bawah pusar) baik itu sedang dalam berkendaraan, menunggu di bank, di dalam pesawat.

Jangan lakukan di basement (tempat parker mobil), tempat yang polusi udaranya tinggi, kuburan, ataupun tempat yang auranya jelek. Jangan latihan di tempat yang berbeda beda. Hal ini akan membuat malas dan tidak disiplin, jangan latihan dibawah terik matahari.

Tempat yang paling nyaman adalah di tempat tidur karena lebih privasi. Rumah ibadah, bank (karena udara lebih bersih dari jalanan), dalam pesawat, hutan, pegunungan (tanpa kena terik matahari secara langsung).

…..

Demikian ulasan saya mengenai meditasi pernafasan ini. Atau yang lebih dikenal dengan metode 真氣運行法 Zhēn qì yùnxíng fǎ.
Bagi yang penasaran dan ingin latihan serius dan dibimbing secara langsung oleh mentornya, boleh menghubungi pelatihnya yang bernama pak Niko Martin.

Karena jika dibimbing secara langsung maka hasilnya akan lebih baik, ada gejala gejala yang tidak nyaman, pertanyaan yang kita bingung bisa di jelaskan. juga akan dijelaskan tips tips latihan, teori teori kesehatan lainnya termasuk penjelasan mengenai Nei jing tu (gambar diatas yang ada kerbaunya) sehingga kita bisa paham benar dengan cara pelaksanaan metode ini secara ilmiah tanpa ada sangkut pautnya dengan agama, roh spiritual ataupun cerita kerasukan setan atau apapun itu.

Pengalaman saya selama melakukan latihan ini dan setelah mempelajari teori nya secara mendalam, metode ini bagus ketimbang metode pernafasan lainnya. Karena metode ini dikhususkan untuk menyambung jalur kedua meridian yang terputus yaitu meridian Ren dan Du. Sehingga setelah tersambung yg dikenal dengan Tong Guan, maka (通關) latihan pernafasan ini baru bisa efektif dan menyimpan Qi/energy ke dalam Dan Tian. Dan dalam metode ini sangat tidak disarankan untuk mentransfer energy ke orang lain. Tetapi focus pada penyimpanan ke diri sendiri.

Tips :
Jika sudah terkumpul Qi di DAN TIAN BAWAH (下丹田) dan sudah Tong Guan (通關) ada beberapa teori yang mengatakan bahwa kita bisa mengalirkan Qi kita ke tempat yang sakit seingga bisa sembuh. menurut pengalaman saya dan apa yang sudah saya pelajari dari teori akupunktur baik akupunktur china maupun akupunktur jepang, ada baiknya jika sakit di lakukan 2 hal sebagai berikut :

  • sesuai teori Zhen Qi, tetap fokus pada Dan tian Bawah. jangan diarahkan ke tempat yang sakit. biarkan Qi pada dan tian penuh dan Qi tersebut akan otomatis berjalan ke arah meridian yang sakit dan membuka blok Qi yang tersumbat. tentu saja hal ini membutuhkan waktu yang sangat lama.
  • berobatlah ke klinik akupunktur sehingga praktisi akupunktur bisa menusuk dan mengarahkan Qi dan mengobati akar permasalahan. karena jika salah malah sakit yang kita tidak jelas teorinya bisa mengakibatkan lebih sakit.

demikian tips saya untuk hal pengobatan

NB: mohon artikel saya jangan dicopy paste yah.
Jika tetap dicopy paste, harap sertakan alamat sumbernya
(alamat websitenya saya yah : akupunkturharmony.com).

Salam – Suwarjono (李光輝).

Leave a Reply