Sinusitis?

Termasuk saya adalah seorang yang mempunyai riwayat sinusitis. Bagaimana menyembuhkan sinusitis? Susah tetapi bukanlah hal yang mustahil. Jika kita hanya mengandalkan obat tetapi tidak menyelesaikan penyebabnya.

Mari kita perhatikan penyebab yang harus diperhatikan untuk mencegah dan memperkuat system immune kita.

1. Sirkulasi udara pada ruangan kerja, rumah dan khususnya kamar tidur kita.

Biasanya jika sirkulasi kurang bagus, pada sore hari kamar akan terasa pengab dan panas. Udara terasa sumpek. Jika kita berada di dalam kamar dengan udara kamar seperti ini setiap harinya tentu akan membuat kita mempunyai masalah dengan polip dan sinusitis.

Solusi : setiap pagi dan sore (khususnya baru pulang ingin istirahat) buka jendela sebentar agar terjadi pertukaran udara. Sehingga udara kotor di kamar bisa ditukar dengan udara yang lebih segar dan mendapat cukup oksigen.

2. Binatang piaraan khususnya yang berbulu.

Tanpa sadar bulu ini dapat masuk ke rongga pernafasan kita dan tentu saja kuman dan bakteri pada bulu bulu binatang tersebut, keringat dll akan membuat udara di kamar menjadi sangat tidak sehat.

Solusi : binatang sebaiknya diletakkan di luar kamar bahkan di perkarangan jika rumah anda memiliki perkarangan. Jika tidak bisa, pastikan jaga kebersihan binatang piaraan, lebih rajin untuk menyeka bulu/rambut binatang serta mengvacum cleaner ruangan anda sehingga rambut yang rontok tidak berterbangan kemana mana. Dan ingat point no.1 untuk membuka jendela agar dapat terjadi pertukaran udara.

3. Kurangi konsumsi makanan ringan khususnya snack yang banyak mengandung MSG. Pernahkan anda merasa mudah panas dalam walaupun hanya mengkonsumsi sedikit snack? Jika iya, maka tubuh anda sudah memberikan tanda bahwa kondisi tubuh anda sudah mencapai batas maksimal dimana jika anda mengkonsumsi snack ataupun gorengan lagi, anda akan mendapatkan radang amandel. Hal ini akan menyebabkan sinus menjadi lebih parah.

Solusi : stop konsumsi snack, gorengan, obat obatan seperti vitamin yang akan menyebabkan panas untuk beberapa saat. Perbanyak minum air, buah buahan yang banyak mengandung air dan terapi akupunktur untuk mengembalikan fungsi tubuh anda ke kondisi normal.

4. Rajin mencuci hidung anda. Anda bisa mencuci hidung anda 3x sehari dengan menggunakan nasal pot, syring suntikan tanpa jarum. Proses ini berfungsi membersihkan rongga sinus anda menjadi lebih bersih. Gunakan air garam hangat untuk mencuci. Ingat ketika mencuci dan pada saat meniup sisa air garam, jangan meniup hidung dengan sekuat tenaga karena dapat menyebabkan radang pada telinga anda. hembuskan saja dengan pelan/lembut. Nanti dalam waktu tak berapa lama juga akan menjadi lebih lega dengan sendirinya. Jika hidung anda sedang mengalami stagnasi/tersumbat yang sangat parah, ada baiknya anda meneteskan obat hidung seperti illiadin untuk membantu membuka sumbatan terlebih dahulu baru lakukan cuci hidung sehingga meringankan dan mengurangi efek samping seperti rasa tenggelam ketika memasukkan air pada hidung, ataupun nyangkutnya air pada salah satu sisi hidung.
NB : Illiadin tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering, maksimal 5 hari sudah harus stop.

Anda dapat melihat di youtube bagaimana cara mencuci hidung. Kata kuncinya adalah nasal rinse.

bisa juga digunakan pada anak kecil untuk mencegah sinusitis.

5. Minum air lemon beserta kulitnya. Yang membantu dalam menyembuhkan batuk, flu bukanlah lemonnya. Melainkan kulitnya. Cuci bersih dan rebus. Lalu minum airnya.

6. Dapat juga mengkonsumsi propolis. Karena pengalaman saya mengkonsumsi propolis cukip baik. Walau tidak menyembuhkan tetapi tidak membuat kondisi menjadi lebih parah.

7. Olahraga, makan makanan yang sehat, minum air hangat, hindari gula dan karbohidrat dan akupunktur untuk memperbaiki system tubuh anda yang pastinya ada bekerja kurang maksimal akan dimaksimalkan kembali.

8. Anda dapat melakukan pengurutan pada area alis khususnya sisi dalam,  pipi dibawah mata dengan mengurutkan ke arah lateral (ke arah sisi luar).

Demikian pembahasan saya mengenai sinusitis. Semoga dapat bermanfaat.

Jika kondisi sudah terlalu berat, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter THT.

Leave a Reply