Perawatan Untuk Jerawat

Salam damai dan sejahtera untuk kita semua. Pada halaman kali ini saya hendak sharing mengenai perawatan wajah khususnya untuk jerawat. Apalagi dulu saya juga mengalami kasus jerawat yang cukup parah ketika masih remaja hingga berusia 25 tahun.

Jerawat adalah masalah yang sangat sering dialami oleh para remaja baik pria maupun wanita. Jadi demikian tips dari saya.

  1. Obat jerawat umum
    Obat jerawat banyak sekali yang dijual dipasaran maupun klinik. Pengalaman saya ketika saya berobat ke dokter terkenal di Taiwan dulu, dan klinik klinik umum. Para dokter selalu memberikan obat yang kandungannya sama. yaitu obat makan dan obat oles. Untuk obat makan mungkin kurang etis jika saya tulis disini karena saya juga tidak ingin ada masalah dengan kesehatan anda ketika salah mengkonsumsinya.
    Obat oles : Clyndamicyn. boleh merek apapun seperti cleosin. Ketika di taiwan, obat yang digunakan yang bagus adalah merek cleosin. Karena dulu saya mencari produk tersebut tapi tidak ada yang jual, adanya langsung merek clindamicyn.

    cara gunakan : oleskan di wajah setiap pagi, siang dan malam.Obat lain yang bisa digunakan juga bisa merek apa saja seperti OXY, dan lain lain.
    Tips : jangan pernah menggunakan obat salep dalam jumlah besar untuk menutupi jerawatnya apalagi jika menggunakan obat jerawat yang kandungannya sulfur. Efek menggunakan obat dalam jumlah besar atau mengolesnya dengan tebal akan membuat jerawat kering dan membuat bekas jerawatnya malah berlubang. Jadi cukul oleskan dengan tipis saja.
  2. Obat untuk mengecilkan pori pori dan memutihkan wajah.
    Obat oles yang dulu saya sering gunakan ini bersifat peeling. Lotion gel ini sebaiknya hanya digunakan ketika malam saja. dan ketika siang wajib menggunakan sun block. jika area anda cukup panas dan terik, gunakan sunblock dengan SPF-50 atau minimal SPF-30.
    Adapun obat oles nya adalah Neostrata Gel Plus – 15 AHA
    AHA sendiri banyak digunakan para dokter untuk peeling wajah. Karena itulah dengan alasan mengikis permukaan kulit secara halus, maka pori pori akan mengecil. Tetapi karena kulit jadi sensitif, disarankan untuk menggunakan Sun-Block biar tidak gosong kulitnya.
    Tips : cukup oleskan secukupnya. tidak perlu tebal tebal.
  3. Sabun Cuci Muka
    Khusus wajah berminyak sangat disarankan sekali mencuci wajah anda minimal 3x sehari, yaitu pagi, siang dan malam. Juga gunakan sabun cuci yang lembut agar kulit anda tidak kelewat kering. produk sabun cuci muka yang cukup bagus menurut saya ada beberapa jenis : Avene, Sebamed, Cetaphyl dan Ponds biru.
    Merek Avene, sebamed dan cethapyl cukup bagus karena tidak mengandung sabun.
    Kenapa saya menyarankan untuk rutin cuci wajah anda? Kita hendak mengurangi tumpukan minyak, obat, sunblock yang sudah tercemar oleh polusi dan debu yang akibatnya akan menutupi pori pori wajah kita dan akhirnya jerawatan deh.
  4. Sun Block
    Sun block bukan sekedar untuk mencegah kulit menjadi hitam saja. Sun Block juga membantu mencegah kulit kita terkena kanker kulit akibat dari radiasi sinar UV matahari.
    Sun Block umumnya hanya dapat bertahan selama 3 jam saja, karena itu ada baiknya setiap 3 jam di pakaikan lagi pada wajah (kulit) anda. dan jangan pernah menaruh sunblok di tempat yang panas seperti di dalam mobil lalu terjemur. karena akan membuat sunblock menjadi rusak dan tidak ada efek perlindungannya lagi.
    bagi anda yang kulitnya kering juga sangat bagus menggunakan sunblok ataupun sun screen. 2 produk ini dapat membantu membuat wajah anda menjadi kilat. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh para artis Korea yang ingin membuat wajah mereka terlihat kilat.
    Jika anda tidak suka berminyak maka gunakan SPF rendah, semakin tinggi SPF nya maka akan semakin lengket dan berminyak.
  5. Khusus untuk kulit berminyak sekali
    Ada 1 obat salep yang bisa digunakan untuk kulit yang sangat berminyak sekali. nama obatnya adalah Skinoren. hati hati menggunakannya karena dapat membuat kulit menjadi sangat perih.
    obat ini tidak saya sarankan apalagi untuk wanita yang sedang mengandung.
    Biasanya jika anda rutin melakukan step 1-4, anda akan dapat mengurangi dan menyembuhkan jerawat anda.

Hal hal yang harus diperhatikan dalam mengatasi jerawat :

  1. Perhatikan jam tidur. tidurlah sebelum jam 11 malam. hal ini akan membantu menjaga tubuh anda tetap fresh ketika bangun dan mendetoks tubuh anda pada malam hari nya.
  2. Minum air yang secukupnya dan selalu minum air hangat.
    Hindari minuman soda ataupun minuman manis. dikarenakan pemanis (gula) sangat tidak sehat untuk tubuh anda.
  3. Stress
    cari solusi untuk mengurangi stress anda, bisa mendekatkan diri ke Tuhan, olahraga, meditasi, taichi, dan lain lain.
  4. makan buah buahan secukupnya.
  5. jaga kebersihan kasur, bantal, pakaian, rambut dan wajah leher.

Semoga tips yang saya berikan dapat membantu anda menyelesaikan masalah anda dengan jerawat yah.