Pelangsingan akupunktur dan pola diet yang sehat.

Banyak sekali teman teman yang bertanya apakah akupunktur bisa bikin langsing?

Jawabannya adalah bisa dan tidak. Maksudnya apa? Akupunktur dapat menurunkan berat badan jika dibarengi dengan diet dan olahraga. Jika hanya mengharapkan akupunktur saja maka anda mungkin akan kurang puas akan hasilnya.

Kenapa kurang memuaskan? Mari kita perhatikan fungsi akupunktur dalam proses pelangsingan.

1. Akupunktur memperbaiki fungsi metabolisme tubuh. Jika metabolisme dan pencernaan tubuh saja sudah kacau, bagaimana bisa langsing dan sehat?

2. Akupunktur memperbaiki fungsi peredaran darah dan cairan tubuh. Banyak sekali yang sekali terapi lalu diukur hasilnya turun. Tetapi tahukah anda yang turun itu apa? Lemaknya atau cairan tubuh? Kebanyakan adalah cairan tubuh. Jika anda menekan bagian tubuh tertentu tetapi tidak ada muscle tone nya (kekuatan otot), yang ada malah lembab maka fungsi peredaran cairan tubuh anda bermasalah.

Jika fungsi metabolisme dan peredaran darah termasuk cairan tubuhnya sudah lancar, selanjutnya yang harus dikerjakan adalah tugas rumah masing masing individu. Apa saja tugas rumahnya?

1. Kurangi karbohidrat dan gula

2. Olahraga

Penjelasan :

1. Kurangi karbohidrat dan gula. Sebisa mungkin kurangi makan nasi, roti, produk gandum dan segala manisan. Jika anda tidak sanggup stop maka kurangi. Jika tidak sanggup tidak makan nasi maka ubahlah nasi putih menjadi nasi merah atau nasi hitam. Kenapa harus kurangi karbohidrat dan gula? Karena merekalah yang menjadi biang kerok masalah. Bahkan riset terbaru mengatakan bahwa kolesterol dan asam urat tinggi sebenarnya tidak bermasalah selama tidak konsumsi gula. Karena gula yang membuat kolesterol dan asam urat mengendap dan mengeras sehingga berbahaya buat tubuh. Gula juga termasuk makanan bagi sel kanker. Menghindari gula/manisan, anda akan mengurangi pertumbuhan kanker. Gula juga mempunyai sifat adiktif/kecanduan. Sehingga akan membuat anda ingin teru mengkonsumsi manisan tersebut. Termasuk nasi.

Usahakan jam 8 malam adalah batas terakhir makan malam. Diatas jam itu usahakan tidak lagi mengkonsumsi makanan apapun itu dan pagi hari cukup konsumsi buah dan minyak VCO ataupun kaldu ayam.

2. Olahraga. Sangat penting ketika sudah mengurangi karbohidrat dan gula, diwajibkan harus olahraga. Kenapa? Pada saat kita konsumsi protein, lemak, maka kita mengkonsumsi kalori. Jika kebutuhan kalori kita sehari 2000 kalori dan kita konsumsi makanan sehari 2500 kalori. Maka sudah jelas kita harus membakar kalori tersebut sebisa mungkin. Ketika kalori yang kita asup kurang, maka kalori akan diambil dari lemak. Maka otomatis akan membuat kita menjadi lebih langsing. Karena itulah diet termasuk faktor yang sangat penting dalam proses pelangsingan apalagi yang menginginkan perut six pack. Latihan otot perut semaksimal apapun anda tanpa membakar seluruh lemak maka usaha anda akan menjadi sia sia saja. Dan ingat, lemak di perut adalah lemak yang terakhir terurai/terbakar setelah semua lemak pada wajah, lengan, paha, bokong anda habis. Jadi usahakan jalan kaki minimal 30 menit sampai 1 jam sehari. Jika anda mengikuti gym, maka program latihan utama anda adalah cardio seperti treatmill, eliptical, sepeda. Lemak habis, otomatis perut anda akan muncul sic pack dengan sendirinya. Bedanya adalah jika anda latihan, otot perut akan menjadi lebih tebal.

Demikian pola diet. Tidak perlu dijelaskan makanan apa saja yg harus dikontrol dan mana yang bisa dikonsumsi. Tetapi jika ingin mengenal jenis makanan maka yang perlu dikonsumsi adalah ikan (dikukus), daging (lemak – ingat, selama tdk konsumsi karbohidrat/gula maka aman untuk kobsumsi lemak). Sebisa mungkin tidak mencampurkan daging ikan dengan daging mamalia. Karena menurut beberapa teman konsumsi makanan laut dengan makanan darat dapat memberikan efek tidak menyenangkan pada lambung (bisa membuat efek mual). Buah buah yang baik adalah alpukat (tanpa gula, coklat, madu). Yogurt tanpa rasa. Juga boleh mengkonsumsi 1 sendok apple cider vinegar (cuka apel ataupun lemon dicampur air hangat) sebelum sarapan pagi.

Dengan menjalankan tugas rumah, mungkin pada tahap awal akan terasa kurang menyenangkan. Tetapi jika ditambahkan akupunktur maka akan membuat tubuh lebih stabil dan tahan terhadap efek samping dari diet dan tentu saja membuat tubuh tetap sehat dan segar.

Semoga input kali ini bisa bermanfaat untuk program pelangsingannya.

Leave a Reply