Nyeri Pinggang (LBP)

Diagnosis

Nyeri punggung bagian bawah adalah keluhan neuromusculoskeletal yang paling umum terlihat di klinik akupunktur dan juga salah satu yang dapat secara efektif diobati dengan akupunktur dan moksibusi. Hal ini benar bahkan dalam kasus-kasus herniated disc di mana sudah direkomendasikan untuk dilakukannya operasi. Namun, nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh kanker tidak merespon sepenuhnya terhadap akupunktur dan moksibusi, meskipun rasa sakit biasanya dapat berkurang jauh bahkan dalam kasus ini. Apa yang diperlukan dalam kasus-kasus itu adalah persetujuan pasien, keluarga, dan kapan pun memungkinkan, dokter yang bertanggung jawab.

Keadaan pasien secara keseluruhan dan jenis rasa sakit, kedua hal ini penting dan harus diamati dengan seksama. Misalnya, jika rasa sakit itu konstan, bahkan tidak membiarkan pasien untuk bisa tidur walau cuma tidur sebentar saja, atau jika timbulnya rasa sakit bertepatan dengan penurunan berat badan yang tiba-tiba, maka pasien juga harus berkonsultasi dengan dokter medis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Denyut nadi juga merupakan barometer yang sangat penting pada kondisi pasien. Dalam hal Ini, kita tidak membahas semuanya secara detail dalam halaman ini, tetapi jika kualitas nadi ditemukan menjadi kebalikan dari apa yang diharapkan berdasarkan konstitusi pasien, maka kita harus berhati-hati. Juga, secara umum, denyut nadi tenggelam, kencang, dan cepat pada pasien dengan nyeri punggung bawah bukan pertanda yang baik. Selain itu, jika diagnosis nadi dan perut tampaknya menunjukkan bahwa masalahnya bukan neuromusculoskeletal, pasien harus dirujuk ke dokter medis untuk tes. Akhirnya, jika rasa sakit tidak ada perubahan/membaik setelah lima atau enam kali terapi, atau menjadi lebih buruk setelah terapi ini, maka pasien harus dirujuk ke dokter medis.

Ada banyak jenis nyeri punggung bawah, yang semuanya harus diobati sesuai dengan penerapan terapi yang sesuai dengan pola penyakitnya. Saya  akan memberikan panduan perkiraan tentang bagaimana membedakan berbagai perbedaan polanya.

Jenis nyeri punggung bawah yang paling umum adalah nyeri punggung bawah akut, yang terjadi akibat mengangkat benda berat dan dengan demikian menyebabkan kerusakan, terutama pada otot punggung bawah. Bahkan ada kasus di mana bersin atau hanya berdiri dari kursi telah memicu rasa sakit seperti ini.

Nyeri punggung bawah akut sering terlihat pada individu dengan defisiensi Liver atau defisiensi Ginjal, dan dalam kasus ini, area meridian Kandung Empedu akan selalu menunjukkan nyeri pada tekanan.

Selain itu, individu dengan jenis nyeri punggung bawah akut sering dapat bergerak dengan sangat hati-hati tanpa rasa sakit yang signifikan, tetapi begitu mereka menekan punggung mereka dengan cara apa pun, otot-otot menjadi kaku dan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Ini adalah tanda pasti bahwa meridian Gallbladder membutuhkan perawatan.

Nyeri punggung bawah kronis paling jelas terjadi ketika di pagi hari ketika kekakuan otot yang terasa seperti papan yang melekat pada punggung seseorang. Juga, intensitas rasa sakit dapat menyebabkan kelumpuhan emosional. Gejala-gejala ini menunjukkan bahwa perawatan harus fokus pada kekurangan ginjal.

Jenis nyeri punggung bawah di mana tidak ada rasa sakit pada gerakan tetapi punggung bawah terasa lamban, berat, dan lelah, maka nyeri ini disebabkan oleh kelembaban. Tipe ini biasanya memburuk pada hari-hari ketika hujan dan paling baik ditangani dengan menanganinya sebagai defisiensi Limpa. Akhirnya, nyeri punggung bawah dapat terjadi bersamaan dengan demam, dalam hal ini adalah karena defisiensi paru atau defisiensi Limpa.

Hal Hal penting yang harus dinilai adalah apakah terlalu banyak kerja atau kelelahan terletak di jantung nyeri punggung bawah. Faktor-faktor pemicu lainnya mungkin termasuk seks berlebihan, berjalan dengan jarak yang jauhnya berlebihan, berdiri untuk waktu yang lama, atau dingin yang masuk ke tubuh melalui kaki dan berkumpul di punggung bawah. Tentu saja, stasis darah dan penyakit pada organ internal, katakanlah, usus, dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Semua kemungkinan penyebab ini harus direnungkan melalui informasi yang diperoleh dari nadi dan gejala, dan terapi dilakukan sesuai dengan pola yang sesuai. Ini, tentu saja, berlaku untuk semua strategi pengobatan.

 

Penjelasan terapi ada di halaman ini.