Nyeri Persendian

Diagnosa

Salah satu penyakit umum pada persendian adalah nyeri. Nyeri yang dapat mempengaruhi semua persendian tubuh — biasanya disebabkan oleh rematik — juga nyeri sendi-sendi tertentu — lutut, siku, pergelangan tangan, jari, dan sendi temperomandibular — terlihat pada bagian ini, dengan fokus pada diferensiasi pola dan perawatan.

Dalam Essentials from the Golden Cabinet, nyeri sendi diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yang semuanya terkait dengan patogen eksternal seperti angin atau dingin:

  • penyakit lembab (湿病 shitsu byo / shi bing),
  • serangan angin panarthralgia (中風歷節病 chufu reki setsu byo / zhongfeng li jie bing),
  • dan penyakit Qi air (水氣病 sui ki byo / shui qi bing).

 

  1. Penyakit lembab (湿病 shitsu byo / shi bing) terjadi ketika seseorang dengan konstitusi yang mempertahankan sejumlah besar air dalam daging terkena angin atau dingin. Ini menyebabkan demam dan pembengkakan dan nyeri sendi. Sudah umum kalau semua sendi tubuh menjadi bengkak dan menyakitkan. Hal Ini tumpang tindih dengan penyakit medis modern rheumatoid arthritis. Nyeri sendi pada pasien dengan penyakit lembab adalah hasil dari pola berikut:
    1. Defisiensi Limpa / meridian yangming ekses / panas. Pola ini dapat menyebabkan sendi yang bengkak seperti balon, panas, dan merah, dan itu menunjukkan rasa sakit spontan. Dari tahap awal penyakit, ada demam dan menggigil yang berbeda dari yang terkait dengan rata-rata dingin. Setelah demam selesai, pasien masih akan merasa panas, nyeri, dan bengkak. Buang air kecil berkurang, tetapi tinja dan nafsu makan normal. Pada tahap ini Biasanya pasien sangat jarang datang berobat. Setelah beberapa hari lagi, karena penyakit menjadi semakin berakar, rasa sakit, bengkak, dan rasa panas di persendian menjadi lebih ekstrim di sore hari.
    2. Defisiensi limpa / defisiensi yin / panas. Pola ini didasarkan pada kekurangan/defisiensi darah pada Limpa. Nyeri sendi yang berhubungan dengan pola dapat bervariasi dari rasa sakit spontan hingga hanya sedikit rasa sakit. Jika rasa sakit ditemukan di persendian menyebar ke seluruh tubuh, maka pasien juga akan merasakan perasaan panas, kemerahan sesekali, dan apa yg disebut defisiensi/kekurangan atau pitting bengkak, yaitu area yang membengkak, ketika ditekan, lekukannya tetap ada (seperti beri beri). Kadang-kadang, mungkin ada perasaan panas di sendi tanpa kemerahan atau rasa sakit, bahkan pada gerakan. Jika ada rasa sakit, seringkali lebih buruk di pagi hari ketika pasien pertama kali menggerakkan sendi yang terkena.
    3. Defisiensi limpa / defisiensi yang atau Defisiensi Limpa / defisiensi ginjal / dingin. Pola-pola ini dapat menghasilkan perasaan panas yang kuat di persendian, tetapi tidak ada kemerahan lokal. Pembengkakan bersifat defisiensi dan deformitas sendi adalah umum terjadi. Ketika Anda menekan pembengkakan akibat defisiensi ada terasa nyeri ringan, agak menyenangkan, dan penyok kecil tertinggal di jaringan. Pembengkakan dari pola ekses/kelebihan tidak membuat lubang dan tekanan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Dalam banyak kasus, rasa sakitnya spontan. Namun, juga akan menjadi lebih buruk di pagi hari atau ketika sendi terasa dingin. Jenis nyeri sendi ini umumnya terlihat di seluruh tubuh dan dikenal sebagai arthritis polyarticular atau rheumatoid arthritis. Pada tipe arthritis ini, deformitas sendi umum terjadi. Pasien-pasien ini sering dirawat dengan steroid. Pasien yang menggunakan obat-obatan ini tidak boleh diinduksi untuk berhenti menggunakannya secara drastis. Akhirnya, gejala lain yang umum pada pola-pola ini termasuk berkurangnya buang air kecil, sembelit atau diare, berkeringat, palpitasi, dan sesak napas.
      .
  2. Serangan angin panarthralgia (中風歷節病 chufu reki setsu byo / zhongfeng li jie bing) terjadi ketika cairan menjadi defisiensi/ kekurangan sebagai akibat dari keausan dan penggunaan berlebihan atau penyebab lain, sehingga menimbulkan defisiensi panas. Jika orang tersebut terpapar angin pada tahap ini, defisiensi cairan akan memburuk dan akan terjadi peningkatan panas dan nyeri pada persendian. Rasa sakit lebih terasa pada malam hari, dan karena terutama disebabkan oleh defisiensi panas, rasa sakitnya akan parah, tetapi akan ada sedikit pembengkakan. Namun, mungkin ada kasus di mana tubuh kurus tetapi lutut yang terkena sangat besar dalam perbandingannya, memberikan penampilan seperti kaki dan lutut ayam. Nyeri sendi pada pasien dengan serangan angin panarthralgia adalah hasil dari pola berikut:.
    1. Defisiensi hati / defisiensi Yin / panas. Ini adalah panarthralgia dari Essentials from the Golden Cabinet dan sering terlihat dengan gejala-gejala yang terjadi terutama di lutut. Pada tahap awal, pasien mungkin mengeluh panas dan nyeri tetapi sedikit bengkak. Adalah umum bahwa ada rasa sakit dan nyeri spontan pada gerakan di dalam sendi lutut. Ketika kondisi berlanjut, persendian akan menjadi lebih besar, tetapi sekali lagi dengan sedikit pembengkakan, dan rasa sakit akan memburuk di malam hari. Pembuluh darah kecil segera muncul di daerah yang terkena, dan sendi sering berubah bentuk.
      .
  3. Penyakit qi air (水氣病 sui ki byo / shui qi bing) terjadi ketika ada sejumlah besar air hadir pada permukaan kulit dan rambut. Dalam keadaan ini, kehadiran angin mempengaruhi kemampuan Yang QI untuk memancar keluar dari tubuh, menghasilkan persendian yang menyakitkan. Kondisi ini terlihat pada individu obesitas yang memiliki sejumlah besar cairan yang tertahan dan lutut yang nyeri. Namun, ketika ada sejumlah besar air yang tergenang, hanya ada sedikit rasa sakit. Nyeri sendi pada pasien dengan penyakit Qi air adalah hasil dari pola berikut:
    1.  Defisiensi ginjal / defisiensi Yin / panas. Dengan jenis nyeri sendi ini, sedikit pembengkakan adalah sifat yang defisien. Selain itu, ada sedikit kemerahan, dan rasa sakit ini terutama dialami pada gerakan.

 

Penerapan terapi ada di halaman ini.