Metode Terapi

Dalam beberapa tahun ini saya Suwarjono (李光輝) banyak mempelajari style dari Akupunktur, baik itu Akupunktur dasar yang berbasis herbal (TCM style), Taiwan style, Japanese Style, Beijing style, dll. dari semuanya itu saya mengolah dan memilih setiap bagian yang paling cocok dengan saya dan semuanya sesuai dengan kondisi pasien.

Metode Terapi

System Terapi ada 2 :

  1. Terapi Akupunktur – (total waktu terapi : maksimal 1 jam)
    1. Terapi utama      : Akupunktur + moksibasi
    2. Terapi Optional  : Tuina
      (NB : Optional = Hanya benar benar jika dibutuhkan dan jika waktunya masih cukup).
       
  2. Terapi Tuina – (total waktu terapi : maksimal 1 jam).
    Terapi utama      : Tuina
    Terapi Optional : Akupunktur + moksibasi
    (NB : Optional = Hanya benar benar jika dibutuhkan dan jika waktunya masih cukup).
     

Akupunktur

Metode Akupunktur yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Apakah harus menggunakan metode TCM, Taiwan, ataupun Jepang.

Menyeimbangkan YinYang dan memperbaiki sirkulasi darah, membuat pasien merasa nyaman bagaikan sedang melakukan meditasi.

Kondisi fisik yang segar, sirkulasi darah yang lancar, otot yang bebas dari ketegangan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan keluhan juga akan membaik dengan sendirinya.

Jarum yang digunakan juga jarum yang relatif lebih halus, dan sekali pakai baik itu untuk bagian depan tidak dicampur dengan bagian tubuh lainnya.

Umumnya terapi akupunktur dilakukan bersamaan dengan metode moksibasi.


Moksibasi

dikenal dengan sebutan moksa. Pada TCM metode ini selalu dianggap pelengkap akupunktur dan berfungsi untuk mentonik yang (panas) pada tubuh. Tetapi pada metode Jepang, bahkan di negara Jepang sendiri, metode moksa memiliki kompetensi tersendiri dan mereka mengakui bahsa moksa juga sangat ampuh dan tidak kalah dari penggunaan jarum.

Metode ini khususnya moksibasi jepang, sangat cocok digunakan pada pasien yang sensitif dengan jarum. sehingga terapi 100% dilakukan dengan moksa, bukan dengan jarum.

Pasien akan dapat merasakan kehangatan dan rasa nyaman dan tenang secara fisik dan emosional.


Tuina

Tuina yang dilakukan bukanlah urut atau massage enak seperti yang dilakukan oelh tukang urut. Terapi Tuina ini merupakan terapi yang diciptakan oleh ahli bedah di Shanghai, yaitu almarhum Xuān zhé rén 宣蛰人.

Metode ini memiliki diagnosa sendiri untuk mengatasi keluhan otot dan tendon pada tubuh pasien. Rasa dari terapi ini adalah sedikit sakit pedas, namun memiliki efek yang sangat cepat. Karena metode ini membuang sumbatan lemak pada area tubuh tertentu yang mempengaruhi nyeri/kaku pada otot tubuh kita.


Terapi Kop

Terapi kop merupakan salah satu pengobatan yang termasuk populer di China. Metode ini dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kop basah (bekam), kop kering dan kop api. semua memiliki manfaatnya masing masing.

 


Biaya Terapi

Harga normal   :  Rp.200.000,- / terapi
1 sesi terapi      :  30 menit s/d maks 1 jam.
dalam 1 sesi hanya menangani 1 orang saja, tidak ada 2 bed.

Harga home treatment :   >= Rp.500.000,- tergantung area
(Khusus area jakarta Barat, diluar itu diatas Rp.600.000,-).

Kenapa harga home treatment lebih mahal?
1. Biaya transport
2. Biaya waktu yang terpakai selama terapi dan waktu perjalanan pulang pergi. Karena 1 jam adalah Rp.200.000,- maka ditambah waktu perjalanan minimal terpakai waktu minimal 2-3 jam.
3. Biaya Home treatment  untuk malam hari (diatas jam 7 malam) ditambah Rp.200.000,-)

 

Matius 12 : 33-37
33 Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.
34 Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati.
35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.
36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.”

Leave a Reply