Tanya Jawab

Pasien : Saya takut dan gugup untuk mencoba akupunktur, tetapi saya dengar pengobatan akupunktur ini aman… apa yang bisa anda jelaskan ke saya?

S : Pasien yang terhormat, anda tidak perlu takut ataupun gugup.
salah satu tujuan utama akupunktur adalah membuat diri anda sebagai pasien merasa tenang, nyaman dan rileks; pengobatan akupunktur bukanlah suatu pengobatan yang membuat anda merasakan pengalaman yang mengerikan. Akupunktur adalah salah satu pengobatan yang sangat aman yang sudah berjalan hingga ribuan tahun dan terbukti dalam masyarakat baik dari timur maupun barat.

Pasien : Tetapi saya sangat tidak menyukai jarum…..

S : Banyak orang yang tidak menyukai jarum, tetapi jarum yang saya gunakan berbeda dengan jarum suntik yang digunakan di kedokteran barat. jarum akupunktur sangat halus, tidak berongga dan juga tidak menyebabkan kesakitan ataupun perasaan tidak nyaman yang banyak. apalagi jarum yang digunakan juga lebih halus ketimbang klinik akupunktur lainnya. maka rasa sakit yang dirasakan akan sangat minimal sekali bahkan bisa tidak terasa apa apa. kebanyakan orang  yang diterapi tidak merasakan jarumnya sama sekali. jarumnya steril dan sekali pakai, jadi mencegah penularan penyakit.

Pasien : Sebelum pertama kali terapi, apa yang harus saya lakukan, atau apa yang harus saya bawa?

S : Sebelum terapi, anda harus yakin kalau anda sudah makan terlebih dahulu sehingga anda tidak kelaparan. jika ada riwayat penyakit baik itu tekanan darah, test darah, dan apapun itu yang berhubungan dengan kondisi anda saat ini, harap dibawa.

Pasien : Pakaian apa yang harus saya kenakan?

S : Sebaiknya anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman yang mudah di gerakkan. jangan gunakan pakaian ketat, jeans dan perhiasan.

Pasien : Berapa lama sekali terapi?

S : waktu yang anda butuhkan sekali terapi adalah sekitar 30 menit hingga satu jam, jadi aturlah jadwal anda sehingga anda mempunyai waktu pribadi untuk  rileks dan tidak terburu buru dikejar janji lainnya. dan berangkatlah lebih awa; agar tidak telat.

Pasien : Apa yang akan ditanyakan ke saya?

S : Praktisi Akupunktur akan menanyakan pertanyaan mengenai dimana letak keluhan, dan juga pertanyaan umum seperti kualitas tidur, pencernaan, bab, nafsu makan, sakit kepala, perut, emosi, dll. Saya juga akan memeriksa nadi, kondisi perut dan leher anda.

Pasien: Kenapa saya harus ditanya dan diperiksa sedetail itu?

S : Perabaan perut dan leher serta Pertanyaan yang diberikan bertujuan agar saya sebagai akupunkturis bisa lebih mengerti kondisi tubuh anda secara menyeluruh. di chinese/Japanese akupunktur, kita tidak hanya mengobati symtomps (keluhan yang tampak), tetapi kita mengobati secara menyeluruh khususnya akar masalahnya.

Pasien: Seperti apa rasanya ditusuk jarum? apakah sakit?

S : Anda mungkin akan merasakan sedikit sakit bagaikan dicubit, tetapi itu juga sangat jarang sekali terjadi. jika merasakan sesuatu yang sangat tidak nyaman pada area tusukan, maka saya akan segera mencabut jarum tersebut. Akupunktur bertujuan membuat anda rileks bukan kesakitan.

Pasien: Apakah akan di setrum? saya melihat beberapa klinik lain, pasien tersebut disetrum hingga kesakitan. hal itu mmbuat saya takut.

S : Anda tidak perlu takut, di klinik saya tidak menggunakan setrum. metode yang saya gunakan adalah metode jepang, jarum halus. penusukan langsung menuju ke perubahan. sehingga tidak perlu di stimulasi oleh setruman. Salah satu tujuan akupunktur adalah membuat anda nyaman, bukan membuat anda tegang ataupun sakit karena setrum.

Pasien: Apakah ada efek samping?

S : Pengobatan akupunktur termasuk pengobatan yang sangat aman sehingga tidak akan menimbulkan efek samping. Setelah terapi bisa saja beberapa titik terjadi memar ataupun terasa sensitif, terkadang kepala terasa melayang, tetapi hal itu sangat jarang sekali terjadi. jika terjadi hal hal yang tidak nyaman, maka beritahu saya dan cobalah untuk rileks selama terapi.

Pasien: Apakah terapi tuina itu sakit dan kapan dilakukan terapi tuina?

S : Terapi tuina dilakukan pada keluhan yang disebabkan oleh gangguan otot. Banyak penyakit nyeri bisa disebabkan oleh gangguan otot yang tegang. seperti leher kaku, pinggang nyeri bagaikan urat kejepit, dll. Apakah sakit? jika area yang menyebabkan masalah dituina maka akan sakit. tetapi jika tidak ada masalah maka tidak akan sakit.

Pasien: Apakah untuk gangguan otot wajib menggunakan tuina, apakah akupunktur tidak bisa?

S : Terapi tuina lebih membesihkan tumpukan lemak pada otot sehingga otot bisa kembali berkontraksi tegang dan lentur, sedangkan akupunktur bekerja di beberapa aspek seperti melancarkan darah, mentonik system internal tubuh agar darah cukup dan bisa masuk ke otot sehingga otot kembali pulih, tetapi untuk membersihkan penumpukkan lemak yang menyebabkan otot sulit berkontraksi akan lebih membutuhkan waktu. Jadi tetap harus dilihat kasusnya, jika penyebabnya internal maka wajib dilakukan terapi akupunktur. jika hanya keluhan otot saja cukup dengan tuina.

Pasien: Apakah saya akan mendapatkan obat herbal?

S : Metode pengobatan akupunktur yang saya terapkan adalah kombinasi akupunktur china dan akupunktur jepang, tetapi lebih mencondong ke metode akupunktur jepang. di Jepang sendiri, akupunktur dan herbal adalah dua lembaga pengobatan yang terpisah dan masing masing berdiri sendiri. kami meyakini bahwa tanpa herbal, akupunktur juga sudah cukup untuk mengobati penyakit penyakit berat. sehingga tidak ada obat ataupun herbal yang akan saya berikan pada terapi. tetapi jika memang dibutuhkan, saya tetap bisa memberikan resep obat herbal yang ringan dimana obat ini hanya sebagai penunjang saja.

adapun pertanyaan lain yang ingin diketahui bisa di email ke saya melalui : s2mishappy@gmail.com

Leave a Reply