Hindari stress demi kesehatan

Kita tahu banyak sekali masalah yang membuat orang menjadi stress. bukan hanya pekerjaan saja yang membuat kita stress, tetapi juga akibat selalu ingin tampil sempurna di depan mata orang lain.

Ada sebuah kisah seorang dokter senior yang mengidap kanker.  Beliau tetap bekerja di rumah sakit sejak pagi hingga malam hari,bahkan berolahraga setelah bekerja demi menjaga kesehatan dan tetap bersemangat menjalani hidup. Beliau memiliki rasa tanggung jawab yang besar dan menikmati pekerjaannya sebagai dokter bedah. Beliau adalah orang yang baik, selalu bersikap ramah kepada orang-orang di sekitarnya, dan populer di kalangan pasien. Secara umum.orang yang disebut sebagai “orang baik” memiliki rasa tanggung jawab yang besar dan selalu bersemangat untuk melakukan sesuatu sesuai dengan harapan orang lain. Orang seperti itu ingin selalu tampil sempurna dan tidak berkeberatan untuk melakukan sesuatu demi orang lain walaupun ia sebenarnya tidak ingin melakukan hal itu.

Orang yang bersikap acuh tak acuh memiliki tingkat stres yang rendah karena ia tidak terlalu memikirkan orang lain, sedangkan orang yang selalu berupaya untuk berbuat sesuai dengan harapan orang lain, memiliki rasa tanggung jawab yang besar, dan orang yang ingin tampil sempurna di hadapan orang lain akan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Orangyang terlalu rajin akan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan tepat waktu walaupun ia harus memaksakan diri dengan tidak beristirahat hingga merasa amat lelah secara fisik dan mental.

Ketika Ingin berlibur, tetapi tidak dapat terlaksana, Anda mungkin akan mengalami stres mental. Jika jeritan hati semacam ini diabaikan terus-menerus, stres yang Anda alami dapat berkembang menjadi stres fisik yang dapat muncul dalam berbagal bentuk, misalnya gejala susah tidur. Terganggunya pola tidur menimbulkan stres fisik lebih lanjut di seluruh bagian tubuh. Stres mental akan memicu stres fisik. (baca :Hasil Lab dikatakan oleh dokter normal, tapi kok badan sakit yah?? Jika Anda senantiasa bersikap rajin, penurut, dan selalu ingin tampil sempurna, ubahlah pola pikir Anda dengan lebih mengikuti kata hati dan lebih santai dalam menjalani kehidupan.

Maka ada baiknya lakukan hal berikut ini :

stress

Leave a Reply