Frozen shoulder – bahu kaku

Diagnosa

Kebanyakan kasus nyeri bahu yang terlihat di klinik akupunktur disebabkan oleh Frozen Shoulder. Dari sudut pandang tradisional, biasanya termasuk salah satu dari tiga kategori penyakit Oriental tradisional, yaitu :
  • serangan angin (中風 chu fu / zhongfeng),
  • angin yang menyakitkan (痛風 tsu fu / tong feng),
  • atau obstruksi menyakitkan (痹 hi / bi).
  1. Serangan angin muncul ketika Liver mengalami defisien dan patogen angin menyerang tubuh. Struktur tubuh yang bisa mengalami kontraksi dikendalikan oleh Liver, yaitu otot-otot, menjadi mati rasa dan / atau nyeri dan mulai mengalami kram. Patogen angin memiliki efek mengeringkan cairan, yang menyebabkan panas, sehingga kondisi ini menyebabkan defisiensi liver / defisiensi Yin.
    .
  2. Pada Frozen shoulder yang disebabkan oleh serangan angin, otot-otot di antara tulang belikat mengalami atrofi dan sering kram juga. Sebagian besar rasa sakit muncul ketika ada pergerakan, dengan sedikit rasa sakit yang spontanitas. Dalam kasus ini, tidak memungkinkan untuk mengangkat lengan karena defisiensi panas yang menyebar masuk ke dalam meridian tangan, mempengaruhi sirkulasi qi dan darah pada area ini dan dengan demikian menyebabkan masalah lokal. Penting untuk menemukan meridian meridian yang terblokir ini dan menterapi meridian tersebut; jika tidak, pemulihan tidak akan mungkin terjadi.
    .
  3. Pada penyakit angin yang menyakitkan, defisiensi liver / defisiensi Yin menyebabkan rasa nyeri yang sangat kuat. Dalam Handbook Pulse method, rasa sakit yang digambarkan dengan kata “ekstrim, rasanya seperti yang sedang digigit oleh harimau. Untuk alasan ini lah, rasa nyeri itu disebut nyeri angin harimau putih. Di malam hari, gejalanya selalu memburuk karena darah memasuki area yin.” Dalam pengalaman klinis saya, ada pasien dengan jenis nyeri frozen shoulder : tidak ada rasa sakit di siang hari, tetapi sakit parah di malam hari.
    .
  4. Penyakit obstruksi yang menyakitkan terjadi ketika ada kombinasi tiga faktor eksternal – angin, dingin, dan kelembaban – yang mengarah ke kondisi. Penyakit yang dihasilkan pun bervariasi karena variabilitas sifat faktor dominan alam. Pada Frozen shoulder yang disebabkan oleh obstruksi (stagnan) yang menyakitkan, faktor dominan yang paling umum adalah dingin atau lembab.
    Ketika dingin adalah faktor yang dominan, rasa sakit tetap, dan karena kondisi ini disebabkan oleh serangan dingin, rasa sakit yang paling parah sering terjadi di pagi hari dimana pada saat itu tidak mungkin untuk mengangkat lengan. Pola paling umum yang terlihat pada pasien dengan masalah bahu jenis ini adalah pola defisiensi liver / defisiensi Yang.Ketika kelembaban adalah faktor dominan, nyeri bahu biasanya memburuk ketika sebelum hujan. Lengan itu, meski terasa sakit, masih bisa diangkat sedikit. Perbedaan ini membantu membedakan kondisi ini dari obstruksi nyeri dingin. Nyeri Obstruksi kelembapan terjadi ketika ada pengumpulan cairan yang ekses dalam jaringan yang dikendalikan oleh Limpa. jenis frozen shoulder ini paling baik diterapi dengan pola defisiensi Limpa / defisiensi yin.
    Menariknya, pola itu sangat umum terjadi pada orang yang telah menjalani perawatan bedah tukak lambung.

Ketika pasien tiba untuk perawatan, sebaiknya meminta mereka untuk mengangkat tangan mereka ke segala arah. Ketika ini dilakukan, arah kemana rasa sakit muncul diperiksa. Misalnya, ketika lengan diangkat ke depan, pasien harus ditanya apakah terasa rasa sakit pada belakang bahu, depan, atau samping bahu. Meridian yang terkena dapat disimpulkan dari lokasi rasa sakit, dan meridian yang rapat dan pasangan meridian Yin nya harus diobati juga.

Kadang-kadang, akan ada kasus-kasus nyeri bahu yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas atau terlalu sering digunakan, seperti yang terlihat pada pekerja dan pengasuh orang cacat. Rasa sakit dalam kasus-kasus ini sering menjadi lebih buruk setelah individu beristirahat, seperti saat liburan Natal atau Tahun Baru. Dalam kasus ini, dingin adalah sumber masalah yang sebenarnya.

Seringkali, denyut nadi ditemukan tenggelam dan keras, yang menunjukkan bahwa cairan telah mengering. Namun, denyut nadi ini seharusnya tidak disalahartikan sebagai defisiensi yang. Selain itu, nadi tengah (Lr) dan proksimal kiri (Ht) tidak sempurna ketika ditekan dengan kuat. nadi ini juga dapat digunakan untuk menentukan meridian yang telah diserang oleh defisiensi panas : posisi yang terkait akan memiliki denyut nadi yang lebih kuat.

Misalnya, dua pola nadi yang berbeda dapat dilihat jika defisiensi panas telah menyebar ke kedua meridian Lung dan Large Intestine. Jika defisiensi panas belum lama menyebar, denyut Nadi Usus Besar akan melayang dan kuat. Tetapi jika defisiensi panas telah ada dalam waktu yang lama, pulsa paru-paru (Lu) akan menjadi tenggelam dan kuat.

 

Penerapan terapi ada dihalaman ini.