Fertility – Akupunktur Kehamilan

Acupuncture Treatment for Fertility is a Cycle

Foto ini saya ambil dari instagramnya rekan akupunkturis

Fokus perawatan akupunktur berubah sepanjang siklus menstruasi Anda, dan juga berubah selama tahap IVF. Saat Anda mencoba untuk hamil, ahli akupunktur Anda memikirkan setiap perawatan sesuai dengan posisi dalam siklus Anda, mumnya dibagi menjadi fase folikuler (sebelum ovulasi) dan fase luteal (setelah ovulasi). Untuk tujuan akupunktur, siklus dibagi 4 fase:

Fase menstruasi, yaitu hari ke 1-7 dari siklus, dengan hari pertama menjadi hari pertama menstruasi Anda. Fase ini adalah menggerakkan energi dan darah untuk mengatur tubuh selama sisa siklus.

Hari 8-14 (atau sampai ovulasi) adalah fase pra-ovulasi. Fokus akupunktur adalah membawa sirkulasi darah dan energi ke indung telur sebagai persiapan untuk ovulasi.

Fase pasca ovulasi adalah sat hari setelah ovulasi (biasanya hari ke 15-21) dari siklus, dan masih tentang pergerakan darah, serta merangsang ovarium Anda untuk terus melepaskan progesteron guna mendukung implantasi.

Fase implantasi/pramenstruasi (biasanva sekitar hari ke 21/22) hingga hari pertama menstruasi berikutnya jika Anda tidak hamil.

Implantasi teriadi 6-7 hari setelah Anda berovulasi, jadi periode waktu ini penting untuk mendorong proses tersebut. Ini melibatkan peningkatan aliran darah ke rahim, yang membantu membangun lapisan rahim yang tebal dan mendukung energi yang diperlukan untuk menanamkan embrio.

Selain itu, karena ini bisa menjadi waktu yang menegangkan, titik akupunktur sering ditambahkan ke perawatan Anda untuk mengurangi stres.

Treatment di lakukan jika kondisi kesehatan semua ok, maka di lakukan 2 kali: hari ke 7 mens dan hari ke 21. Bergantung pada siklus spesifik Anda, hari siklus terjadinya fase ini dapat bervariasi.

Terima kasih atas sharing artikel di atas oleh rekan akupunkturis : Jeffrey eka rachman.

———————-——————————————————————————

Pertanyaannya, bagaimana jika kondisi kesehatan tidak OK???

Kebanyakan pasien yang datang terapi, tentu punya masalah yaitu kesulitan untuk bisa hamil. Kondisi ini jelas menunjukkan ada masalah dengan kesehatan si bunda.
Masalah utama yang biasanya ditemukan pada wanita yang mengalami kesulitan untuk hamil adalah kekurangan DARAH.

Jika diperhatikan pada beberapa paragraf di atas, ada 2 kalimat yang saya garis bawahi, Bold, dimana kata kunci utamanya adalah membawa dan meningkatkan sirkulasi DARAH menuju ke rahim.

Oleh karena itu, apa indikasi pada wanita yang kekurangan DARAH?
1. Badan dingin, takut dengan suhu ruang yang dingin.
Darah itu Yin, tetapi sifatnya adalah Yang. Karena Darah mengandung banyak essensi, vitamin, dll. Sehingga sifat dari Darah adalah PANAS. Kekurangan Darah akan membuat tubuh menjadi dingin.
jadi pada saat di luar lagi terik, pasien masih tidak merasa kepanasan, bahkan dengan menggunakan jaket juga tidak masalah, padahal orang sekitar sudah kepanasan dan berkeringat.
2. Nafsu makan yang kurang baik.
dalam arti tidak memiliki keinginan untuk makan yang banyak. Baik itu alasannya lagi ingin diet, dll.d
3. Diare (BAB cair, lembek) pada saat menstruasi.
4. Jarang berkeringat
5. Tidak sedang akan minuman es, kalau minum es hanya minum sedikit.
6. Dll

Bagaimana caranya agar bunda bisa mencapai kondisi yang memungkinkan untuk menambah jumlah Darah selagi diterapi akupunktur, agar bisa meningkatkan keberhasilan untuk dapat hamil?

Selamat anda positive

Selain rutin diterapi akupunktur (mungkin 2x seminggu), pasien memiliki tugas yang sangat penting dalam meningkatkan kebutuhan tubuh pasien akan Darah. Karena jika pasien tidak meningkatkan jumlah essence dari DARAH pasien, maka dipastikan akan susah.

Kenapa kekurangan DARAH akan membuat susah hamil?
Mari kita lihat kisah seorang pasien promil berikut :
Ada seorang pasien dimana kondisinya sama seperti yang saya bahas di atas, badan takut dingin, suami sudah kepanasan ingin nyala AC, tetapi si istri kedinginan atau ga tahan kalau si suami menyalakan AC. Pasien ini sudah melakukan banyak metode dari kedokteran yang akhirnya menjalani metode bayi tabung. Dan akhirnya berhasil. Tetapi ketika embrio bayi ini dimasukkan kembali ke perut si ibu, tidak lama si bayi mati dan si ibu mengalami keguguran.

kenapa hal ini bisa terjadi?
karena Darah yang dibutuhkan untuk diri sendiri saja tidak cukup, apalagi untuk mensuplay darah ke bayi. Darah itu mengandung Yang Qi (Panas, essence). Jika darah cukup, maka tubuh akan hangat, essence akan cukup untuk masuk ke rahim dan mensuply makanan untuk si Bayi. Tetapi karena tubuh si ibu kekurangan Darah, Kondisi inilah yang membuat si Bayi tidak mendapatkan makanan yang akhirnya tidak bisa berkembang dan akhirnya meninggal (keguguran).

Apa tugas yang harus dijalankan oleh si pasien selama rutin menjalankan terapi akupunktur?
1. Olahraga
2. Konsumsi daging merah, yaitu daging sapi, domba, kambing dan kuda (bukan daging mentah yang berwarna merah, tetapi yang sudah matang ya).
daging sapi memiliki panas dan darah yang dapat membantu wanita untuk meningkatkan essence pada darah wanita. Yang mana wanita sangat kekurangan darah setiap kali menstruasi. Jika wanita hanya mengandalkan sayur sayuran, maka tubuh akan kesulitan mendapatkan panas ke dalam DARAH. Hal ini akan membuat tubuh akan terus menjadi dingin.
menurut nara sumber berita seperti berita satu, konsumsi daging merah sangat membantu kebutuhan akan vitamin B12, mengandung zat besi tinggi yang dibutuhkan untuk membentuk hemogoblin yang bermanfaat untuk mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh
3. Konsumsi kacang kacangan seperti tauge, dll
4. Berjemur agar dapat mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh.
5. Dapat juga dibantu dengan konsumsi obat penambah darah (ingat, tanpa konsumsi daging sapi, konsumsi vitamin penambah darah tidaklah cukup).

Dengan demikian, ketika sudah dilakukan tugas rumahnya dan dibantu dengan akupunktur, yaitu ditonik agar Livernya menjadi kuat (karena Liver tugasnya menampung DARAH), ataupun menguatkan LIMPA (agar proses pencernaan, penyerapan makanan dan pengolahan menjadi DARAH menjadi bagus), Chong mai dan Ren mai nya, diharapkan tingkat keberhasilan untuk hamil para bunda bisa tinggi ya.

Semoga artikel ini dapat membantu bagi yang hendak memiliki momongan yah.