Diet dengan pola puasa makan 1 hari sekali?

Apakah badan kuat untuk cuma makan 1 hari sekali? Pada pengalaman saya, makan 1 hari sekali awalnya memang membuat anda mudah lapar, lemas dan khususnya mental hunger (perut ga lapar tapi keinginan untuk ngemil kuat) yang menjadi tantangan terberat.

Tetapi jika sudah melewati 4 hari, umumnya badan akan menjadi terbiasa dan menjadi lebih kuat. badan lemas, rasa lapar menjadi berkurang.

Kelebihan lainnya dalam waktu 9 hari, berat badan saya yang awalnya 83.5Kg turun menjadi 77.5Kg.

lalu bagaimanakah cara puasa yang saya lakukan?

  • Start buka puasa pada jam 15.00 dan tutup puasa jam 18.00.
  • Anda punya waktu untuk makan selama 3 jam saja dan cukup sekali saja, bukan 2 kali makan. Contoh jam 3 makan, lalu sebelum tutup puasa makan lagi karena takut lapar, kondisi ini sama saja akan membuat anda tidak bisa turun berat badannya.
  • Konsumsi makan secukupnya, bukan makan berlebihan seolah tidak mau rugi. Makan semakin banyak akan membuat nafsu makan dan rasa lapar anda akan meningkat lebih cepat.
  • Perbanyak minum air putih, usahakan minum minimal 2.5L sehari, dan jika terasa nyeri minumlah air lebih banyak.
  • Anda bisa olahraga singkat dan sederhana jika fokus anda untuk diet.
  • Jika kondisi sangat lemas banget, anda diperboleh untuk minum juice. Kondisi ini hanya untuk keadaan mendesak saja.
  • Tidur lebih awal, makin malam anda tidur, makin terasa lapar anda. Ingat perbanyak minum pada saat ini akan membantu anda melawan rasa lapar.
  • Periksa kondisi anda ke dokter untuk memastikan kondisi anda dalam keadaan sehat. Anda juga bisa melakukan terapi akupunktur untuk menstabilkan sistem organ di dalam tubuh anda. Karena ketika pola diet ini secara tidak langsung akan mengubah sistem kerja tubuh anda yang akibatnya bisa saja membuat gangguan pada sistem kerja organ lainnya.

Kenapa harus jam 3 sore bukanya? bukan di jam 6 sore saja?
Pengalaman saya, buka puasa di jam 3-6 sore adalah selisih dari waktu makan siang dan makan malam, sehingga secara logikanya kita tidak kelewatan telat makan siangnya (cuma telat 3 jam saja) dan juga lebih kepagian makan malamnya (jam 6 sore adalah jam makan malam saya). Jadi bisa lebih tahan godaan buat yang melihat orang lain makan malam, dan masih cukup kenyang.

Kenapa harus 18 jam? kan bisa saja start dari jam 12 siang, tutup jam 18.00 sore? Benar bisa. Tetapi semakin lama kita tidak mengasup kalori kedalam tubuh kita, hati akan mengeluarkan zat keto untuk mengurai lemak menjadi kalori. Sehingga kondisi ini akan membuat anda menjadi lebih banyak pembakaran lemak pada tubuh anda. Jadi jika anda targetnya menurunkan berat badan, progam ini sangat bagus untuk anda.

Pola puasa ini saya ikuti dari petunjuk pola puasa yang dilakukan oleh gereja saya setiap awal tahun, yaitu puasa daniel. kami tidak boleh makan 18 jam, tetapi diperbolehkan untuk minum. Selain puasa makan, juga diwajibkan puasa kebiasaan pola hidup yang sangat kita gemari. Karena itu ganti pola yang salah dengan kegiatan yang lebih sehat. Contoh kebiasaan nonton drama korea berjam jam, maka harus dipuasakan. suka marah marah, harus belajar untuk tidak marah… Tentu saja setiap hari ada pokok doa untuk mendekatkan diri dengan Tuhan lebih dalam lagi.

Demikian postingan mengenai diet menggunakan pola puasa makan 1 hari sekali. Semoga bermanfaat untuk anda.